Header Ads

NIKMAT PUASA

Saya baru saja menemukan sendiri salah satu kenikmatan puasa. Bukan suatu ‘ceramah/tausiyah’ tapi pengalaman pribadi. Semoga bisa di ambil hikmahnya.
Makan. Nah hal itu yang saya temukan betapa nikmatnya makan setelah saya berpuasa sehari penuh tanpa sahur. Puasa tanpa sahur- sebelumnya waktu saya masih di boarding school saya terbiasa begitu, ya –puasa tanpa sahur-. Tetapi semenjak kuliah, mind met saya berubah. Saya merasa kalau puasa tanpa sahur, saya tidak kuat menjalaninya, dan hari ini saya mengulang ‘kebiasaan’ saya itu.
Sedikit cerita : Pagi hari kuat dan bertahan. Lalu siang mulai banyak godaan, dari teriknya matahari menyengat kulit saat jalan pulang ke kos sampai stress karena kuliah tadi(LHOH? Ga nyambung hehe) dan pada akhirnya di kos langsung tepar hehe. Lalu setelah ashar berangkat ngampus lagi, matahari masih terik meski sudah tidak seterik tadi siang. Pulang dari kampus-ke kos temen, eh temenku ngajak beli jus(Ya Allah..setan trus menggoda)-stlah dri kos tmen, trus pulang jalan kaki, jalanan nanjak pula(Masya Allah..aku kuat). Sampai di kos, gerah banget. Finally adzan maghrib berkumandang, langsung “Allohumma lakashumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizkika afthortu bi rohmatika yaa arhamarrohimiin” seteguk air mineral telah membasahi tenggorokan. Lalu sholat maghrib dulu trus beli makan di warteg deket kos.
Menu yang saya beli ya biasa saya makan setiap harinya. Lalu sesampainya di kos,mulai makan “Bismillahirrohmanirrohiim..allohumma baariklanaa fi maa rozaqtana wa qina ‘adza bannar” -sendok pertama sampai terakhir- saya benar benar merasakan betapa besar nikmat Mu Ya Allah yang telah engkau berikan pada ku..nikmat makan..Alhamdulillah masih bisa makan..Alhamdulillah.
Saya jadi bisa benar-benar merasakan orang diluar sana bagaimana rasanya tidak bisa makan. Ya Allah ampuni dosa-dosaku saat aku tidak ingat betapa besar nikmatMu. Nikmat segala yang telah Engkau berikan pada hambaMu ini tiada kira. Kami hanya bisa mensyukurinya dengan tetap beribadah kepadaMu.
Sungguh Engkau Maha Besar, Maha Pemberi Rezeki.
-Wallohu a’lam-

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.