Header Ads

Kebiasaan yang Membuat Orang Susah Langsing





Sering mengeluh karena berat badan yang terus bertambah, padahal sudah rajin olahraga dan menjalani pola makan sehat? Mungkin ada beberapa kebiasaan buruk yang belum Anda tinggalkan. Mengubah mindset karena kebiasaan yang sudah dilakukan lama dan berulang-ulang memang sulit. Tapi begitu menyadari kesalahan dan mau memperbaikinya, bisa mengubah hidup (dan bentuk tubuh) secara signifikan. Ini dia kebiasaan yang membuat Anda sulit langsing, dikutip dari The Richmond Register.






1. Minum Soda
    Soda merupakan salah satu minuman yang banyak mengandung gula dan kalori; dalam satu gelas kecil soda, terdapat 65 kalori. Namun kalori tersebut tidak menjadikan perut kenyang. Artinya, meskipun telah mengonsumsi ekstra kalori dari minuman, hasrat Anda untuk makan makanan dengan porsi banyak tetap besar. Minum soda 1-2 gelas sehari, kemungkinan berat badan bertambah lebih besar 30 persen. 


2. Begadang
    Tidur krg dr 5 jam sehari pd malam hari akan memengaruhi appestat, sistem mekanik internal tbh yg bertanggungjawab mengontrol hasrat makan. Artinya, semakin sedikit waktu tidur akan semakin banyak makanan yang Anda konsumsi. 


3. Tidak Sarapan
     Studi yg dimuat dlm American Journal of Epidemiology menemukan, org yg selalu melewatkan sarapan berisiko 4x lebih bsr mengalami obesitas. Penyebabnya, membiarkan perut kosong di pagi hari akan memperlambat metabolisme tubuh dan menambah rasa lapar. Hal itu menyebabkan Anda makan berlebihan saat makan siang, namun tubuh sulit mengolahnya karena metabolisme yang lambat. 


4. Makan Terlalu Cepat
    Perlu waktu sedikitnya 20 menit bagi perut untuk memberitahukan otak bahwa Anda sudah kenyang. Kunyahlah makanan secara perlahan dan menurut studi, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori setiap kali makan. 


5. Kurang Minum Air Putih
    Mencukupi asupan air per harinya sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh bekerja secara maksimal. Lebih banyak air yang Anda minum, akan lebih mudah untuk melangsingkan badan karena air putih memberi efek kenyang pada perut. Dalam sebuah studi, pediet yg minum dua cangkir air sebelum makan berat badannya berkurang 30 % lebih banyak dibandingkan yang tidak.


6. Makan Saat Stres
    Saat stres, orang cenderung ingin makan makanan yang enak dan manis seperti es krim atau cake cokelat. Ketika hasrat makan itu datang saat stres, alihkan dengan kegiatan olahraga seperti jalan sehat, jogging, bersepeda atau spinning. Dijamin, pikiran dan perasaan Anda akan jauh lebih baik dan tentunya tubuh jadi sehat.


7. Makan Karbohidrat Sederhana
    Karbohidrat sederhana spt nasih putih, mie instan & bubur ayam meningkatkan hormon serotonin yg membuat Anda ingin makan lagi, lagi & lagi. Gantilah dg karbohidrat kompleks spt nasi merah & oatmeal. Karbo kompleks lambat dicerna tubuh & menaikkan gula darah dg stabil. Studi menunjukkan, orang yang rajin makan nasi merah atau gandum utuh mengurangi lemak perut lebih banyak ketimbang yang tidak. 




Demikian kultwit pagi "7 Kebiasaan yang Membuat Orang Susah Langsing", Semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat beraktivitas...


sumber : @AreaWANITA on Twitter (dengan sedikit revisi) :)


semangat diet :D





1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.